Mengenal Perkembangan Sejarah di Indonesia

Posted by Nadi Guru on Jumat, 10 November 2017

Perkembangan Sejarah di Indonesia : Sejarah adalah cerita yang menjelaskan tentang kehidupan pada masa lampau. Kehidupan itu mencakup tentang segala peristiwa yang telah dialami oleh manusia. Sebagai manusia, pastiya kamu juga mempunyai peristiwa masa lalu. Dengan begitu, kamu juga mempunyai sejarah. Misalnya saja adalah cerita tentang masa-masa kamu belajar berjalan dan berbicara.
Lalu, bagaimana dengan sebuah negara? Apakah negara pun mempunyai sejarah? Pasti saja jawabannya ya, jika negara itu mempunyai sebuah sejarah. Hal itu dikarenakan jika sebuah negara tidak terbentuk dengan begitu saja. Namun, terdapat berbagai rangkaian peristiwa yang dialami sebelum terbentuknya seuatu negara.
Indonesia misalnya, ya Indonesia yang sangat kita cintai ini tentunya telah melewati beberapa rangkaian peristiwa sebelum merdeka. Yakni adanya masa prasejarah, masa kerajaaan, dan masa penjajahan. Perkembangan sejarah di Indonesia dibagi menjadi beberapa periode. Periode tersebut adalah sebagai berikut.

1. Zaman Batu
Zaman Batu ini terjadi sebelum logam dikenal dan alat-alat kebudayaannya terutama dibuat dari batu, di samping kayu dan juga tulang. 
Mengenal Perkembangan Sejarah di Indonesia
Ilustrasi Zaman Batu
Pada zaman batu, manusia menggunakan batu sebagai peralatan yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, zaman ini pun juga disebut sebagai zaman batu. Pada zaman batu, dalam memperoleh makanannya manusia melakukan suatu kegiatan dengan cara berburu. Kehidupan masyarakatnya pada masa batu ini masih berpindah-pindah atau nomaden.

2. Zaman Logam
Pada zaman logam ini, manusia telah mulai mengenal logam. Mereka pun juga telah  menggunakan logam seperti perak atau perunggu untuk membuat peralatan. Bahan logam terlebih dahulu harus dilebur sebelum dipakai sebagai bahan pembuatan peralatan manusia. 
Mengenal Perkembangan Sejarah di Indonesia
Logam
Pada zaman logam ini manusia juga sudah mulai mengenal ladang yang berpindah dan mereka juga sudah mulai ada yang menetap di suatu tempat. Zaman logam ini dibagi menjadi dua bagian yakni, zaman perunggu dan juga zaman besi.

3. Zaman Hindu-Budha
Pada zaman Hindu-Budha ini, manusia sudah mulai mengenal tulisan. Pada masa ini agama Hindu dan juga Budha sudah mengalami perkembangan di Indonesia. Selain itu juga pada masa Hindu-Budha ini, masyarakat sudah mulai mengenal sistem pemerintahan dan juga suatu kerajaan.

4. Zaman Islam
Melalui para pedagang dari arab dan juga Gujarat India, Islam telah dibawa ke Indonesia. Para pedagang tersebut menyebarkan agama Islam ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Hingga akhirnya, muncullah beberapa kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara. Dan sampai saat ini, Indonesia juga memiliki masyarakat yang mayoritasnya adalah beragama Islam.

5. Zaman Kolonial
Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya dengan sumber daya alam (SDA). Bangsa Eropa pun tak sedikit yang datang ke Indonesia untuk melakukan kegiatan berdagang. Akan tetapi, setelah melihat akan kekayaan yang ada di Indonesia, bangsa Eropa pun berubah pikiran. Mereka menjadi ingin untuk menguasai wilayah Indonesia. Sejak saat itu, Indonesia pun dijajah oleh beberapa Negara Eropa.

Referensi :
Buku Bse Depdiknas Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V
gurusejarah.com
berbagaireviews.com

Demikian pengetahuan tentang Perkembangan Sejarah di Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses!

Previous
« Prev Post

Related Posts

November 10, 2017

0 komentar:

Posting Komentar