Materi IPS Kelas 5 SD Tentang Jenis-jenis Pekerjaan


Berikut adalah materi IPS Kelas 5SD tentang jenis-jenis pekerjaan, pekerjaan agraris, pekerjaan industri, Pekerjaan Perdagangan, Pekerjaan Jasa, Pekerjaan Transportasi atau Pengangkutan, dan Pekerjaan Ekstraktif.
Apakah perkerjaan orangtua kamu, baik ayah dan juga ibumu? Mungkin ayah dan juga ibumu ada yang menjadi seorang guru, seorang dokter, pegawai bank, pegawai di kantor pemerintah, petani, pedagang, ataupun yang lainnya. Dengan bekerja, tentunya ayah dan ibumu telah melakukan suatu kegiatan ekonomi.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan ekonomi?
Ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memilih dan juga menciptakan kemakmuran. Untuk memenuhi akan kebutuhan dan mencapai kemakmuran, maka masyarakat perlu melakukan usaha-usaha perekonomian.

Jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat bisa dibedakan menjadi 6 macam, yakni berikut ini.
1. Agraris
Berikut adalah materi IPS Kelas 5SD tentang jenis-jenis pekerjaan, pekerjaan agraris, pekerjaan industri, Pekerjaan Perdagangan, Pekerjaan Jasa, Pekerjaan Transportasi atau Pengangkutan, dan Pekerjaan Ekstraktif.
Ilustrasi Petani di Sawah
Petani dan juga nelayan merupakan salah satu contoh orang yang melakukan usaha di bidang agraris. Usaha agraris adalah suatu kegiatan produksi yang menggunakan lahan sebagai faktor produksi utamanya. Usaha agraris meliputi usaha seperti perkebunan, perikanan, perternakan, dan juga pertanian.
Usaha agraris bisa menghasilkan bahan pangan yang bisa langsung dikonsumsi. Misalnya saja seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, telur, susu, dan daging.
Usaha agraris pun juga menghasilkan bahan baku industri. Misalnya saja seperti karet (bahan baku industri ban), kulit hewan (bahan baku tas), dan kapas (bahan baku pakaian).

2. Industri
Industri merupakan suatu kegiatan mengelola barang mentah ataupun bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Sedangkan pabrik yaitu tempat mengolah bahan baku menjadi bahan jadi.
Bahan baku adalah barang yang akan diolah, sementara barang jadi adalah barang hasil olahan. Contohnya saja adalah tepung yang merupakan bahan baku untuk membuat roti. Karenanya, tepung disebut bahan baku dan roti disebut barang jadi. Selain itu, wol juga merupakan bahan baku untuk membuat pakaian.
Contoh kegiatan industri adalah industri pakaian, industri makanan, industri tekstil, dan juga industri semen.

3. Perdagangan
Usaha perdagangan yaitu suatu kegiatan membeli barang, kemudian menjualnya kembali tanpa mengolah barang itu dengan tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan. Contoh kegiatan perdagangan yaitu warung, pedagang asongan, pedagang keliling, dan toko.

4. Jasa
Kegiatan jasa adalah yang tidak menghasilkan barang. Hal ini karena kegiatan jasa merupakan usaha yang memberikan pelayanan kepada orang lain sesuai kebutuhannya. Contoh untuk kegiatan jasa adalah seorang guru, seorang dokter, tukang cukur rambut, maupun juga sopir.

5. Transportasi atau Pengangkutan
Transportasi adalah jenis usaha yang penting saat ini. Dengan adanya sebuah transportasi, orang bisa pergi ke suatu tempat dengan cepat. Adanya transportasi juga bisa membantu para petani dalam membawa hasil pertaniannya ke kota untuk dijual. Usaha transportasi membantu mengantarkan orang dan barang ke tempat lain dengan cepat. Jadi, usaha transportasi bisa memperpendek jarak tempuh ke tempat lain.
Contoh usaha transportasi yaitu perusahaan pengangkutan barang atau orang melalui darat, laut, ataupun udara seperti mobil, kapal, dan pesawat.

6. Ekstraktif
Ekstraktif merupakan jenis usaha yang kegiatannya adalah mengumpulkan, menggali, dan juga mengambil barang-barang yang sudah disediakan oleh alam. Misalnya saja adalah pertambangan minyak, penangkapan ikan di laut, dan juga pertambangan gas alam.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 5 SD Tentang Jenis-jenis Pekerjaan, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V. Selamat belajar dan semoga sukses!

0 Response to "Materi IPS Kelas 5 SD Tentang Jenis-jenis Pekerjaan"

Posting Komentar